Tips agar Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

Tips agar Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

shutterstock_212604007-copy

Saat ini bagi orang tua yang ingin memberikan jarak antar anak bukanlah hal sulit lagi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi pil KB. Memberikan jarak pada anak memang sangat membantu Anda untuk lebih fokus membesarkan sang buah hati. Nah berikut merupakan beberapa tips mudah agar cepat hamil setelah berhenti minum pil kontrasepsi.

Tuntaskan Sisa Pil Kontrasepsi

Menurut penelitian, kesuburan seorang wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi dapat kembali seperti semua sebelum ia mengonsumsinya. Jadi, tidak membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan tingkat kesuburannya. Pasalnya setelah berhenti mengonsumsi pil Anda dapat segera berevolusi sesuai dengan siklus yang dialami selama ini.

Bila Anda berencana melakukan program kehamilan pasca lepas pil kontrasepsi, maka sangat disarankan bagi Anda untuk menuntaskan sisa pil KB tersebut. Hal ini bertujuan agar proses kehamilan Anda dapat terjadi dengan cepat sesuai dengan waktu yang diinginkan. Menghabiskan sisa pil tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kesuburan Anda.

Membuat Jeda 1-2 Kali Siklus Menstruasi

Memberikan jeda 1 sampai 2 kali situs menstruasi sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin merencanakan program kehamilan pasca lepas pil kontrasepsi. Pemberian jeda ini bertujuan untuk membuat rencana program kehamilan Anda dapat berjalan tepat waktu sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Mempersiapkan Diri untuk Program Kehamilan

Ternyata ada juga beberapa wanita yang sulit hamil setelah berhenti mengonsumsi pil kontrasepsi. Meskipun begitu, Anda jangan pernah menyalahkan alat kontrasepsi yang telah Anda pilih tersebut. Sulit hamil tersebut dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti kualitas sperma ataupun sel telur yang tidak sehat bahkan kelebihan berat badan.

Oleh sebab itu persiapan diri menjelang program kehamilan juga perlu untuk diperhatikan. Pastikan Anda melakukan beberapa hal yang mampu membantu program kehamilan Anda dapat berjalan secara maksimal. Selian itu ubahlah gaya hidup Anda agar program hamil Anda tidak terhambat.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan memang sangat penting. Pastikan Anda perbanyak mengonsumsi makanan yang berserat, kurangi porsi nasi, dan perbanyak porsi sayuran dan buah. Tak hanya itu, kebutuhan protein dalam tubuh juga harus terpenuhi. Olahraga dapat bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh dan meningkatkan kesuburan.

Konsultasi dengan Bidan atau Dokter

Jika Anda baru saja berhenti mengonsumsi pil kontrasepsi dan ingin segera merencanakan program kehamilan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Biasanya dokter atau bidan akan memeriksa kesuburan tubuh Anda sehingga Anda dapat merencanakan program kehamilan di waktu yang tepat.

Nah, di atas merupakan beberapa cara agar cepat hamil setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Pastikan Anda memperhatikan hal-hal di atas agar program hamil Anda setalah berhenti minum pil kontrasepsi dapat berjalan dengan lancar. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips lainnya seputar ibu dan anak hanya di orami.co.id.

Post Comment